Pripayat Kota Hantu Di Ukraina

Pripyat City Picture 1
Pripayat Ukraina
Jika kalian pernah bermain FPS Game COD 4,Pastinya pernah melihat bagian-bagian stage yang menampilkan sebuah kota mati di ukraina yang tampak sangat menyeramkan seperti kota hantu yang terdapat pada foto-foto di atas,nama kota itu adalah kota Pripyat. yang di mana pada game COD4 di tugaskan kita sebagai seorang tentara yang pada game tersebut untuk menjadi sniper bersama 1 teman kita dalam menjalankan misinya. Di balik semua misi yang terdapat di stage tersebut dalam game COD4. Seting tempat yang terdapat pada game tersebut mengikuti persis apa yang memang terjadi pada kondisi keadaan aslinya di dunia nyata. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai Reaktor Chernobyl yang terdapat di kota kecil Pripayat.

Reaktor Chernobyl jenis RBMK didirikan di atas tanah rawa di sebelah utara Ukraina, sekitar 80 mil sebelah utara Kiev. Reaktor unit 1 mulai beroperasi pada 1977, unit 2 pada 1978, unit 3 pada 1981, dan unit 4 pada 1983. Sebuah kota kecil, Pripyat, dibangun dekat PLTN Chernobyl untuk tempat tinggal pekerja pembangkit itu dan keluarganya. Tipe PLTN Chernobyl dirancang untuk menghasilkan “plutonium” guna pembuatan senjata nuklir serta listrik. Tipe PLTN berfungsi ganda seperti ini tidak ada di negara-negara Barat, seperti, AS dan Prancis, yang merupakan negara pioner PLTN di samping Uni Soviet (pada waktu itu) sebagai pioner pertama.

Namun sangat di sayangkan,di balik kemajuan yang terjadi di bidang teknologi PLTN tersebut tidak di imbangi dengan Sumber Daya Manusia yang semestinya,di mana karena kelalaian manusia yang mengakibatkan timbulnya sebuah bencana besar yang terjadi pada PLTN Chernobyl.

Bencana Chernobyl
PLTN Chernobyl Picture
Pada Tanggal 26 April 1986,terjadi ledakan dashyat pada Unit 4 PLTN Chernobyl. Yang mengakibatkan terjadinya pengungsian besar-besaran oleh warga kota Pripyat ke daerah lainnya yang terdapat di Ukraina. Berbagai media cetak dan elektronik sejagat memberitakan tragedi itu secara beragam baik yang bersifat normatif, emosional, ataupun bombastis.

Berdasarkan laporan “Chernobyl Lecacy”, sebagian besar daerah pemukiman yang semula mendapat kontaminasi zat radioaktif karena kecelakaan PLTN Chernobyl telah kembali ke tingkat radiasi latar, seperti sebelum terjadi kecelakaan. Dampak psikologis adalah yang paling dahsyat, terutama trauma bagi mereka yang mengalaminya seperti stres, depresi, dan gejala lainnya yang secara medis sulit dijelaskan.

Pripayat Ukraina 2
Akibat kecelakaan itu, IAEA dan semua negara yang memiliki PLTN membangun konsensus internasional untuk selalu menggalang dan memutakhirkan standar keselamatan. Di sisi lain, pihak yang anti-PLTN telah menggunakan isu kecelakaan di Chernobyl sebagai bahan kampanye untuk menolak kehadiran PLTN, termasuk di Indonesia, dengan berbagai informasi yang keliru karena ketidaktahuan akan kebenaran informasi sebab terjadinya kecelakaan Chernobyl.

Belajar dari kecelakaan Chernobyl, IAEA telah menetapkan standar tambahan untuk memperkuat syarat keselamatan yang tinggi bagi pembangunan dan pengoperasian PLTN, antara lain, perbaikan desain sampai pada generasi ke-4, aturan main dalam bentuk basic safety, dan berbagai konvensi keselamatan.

Trauma yang melanda masyarakat di lokasi kejadian dan sekitarnya akibat peristiwa Chernobyl sampai sekarang menjadikan setiap tanggal 26 April pukul 01.23 lonceng berdentang-dentang di Ukraina. Walaupun malam telah larut dan udara dingin, namun warga tetap terjaga. Mereka meletakkan bunga dan lilin di monumen korban bencana Chernobyl. Upacara yang sama digelar di Slavutych, Rusia, kota yang didirikan untuk menampung para pekerja Reaktor Chernobyl. Upacara juga diperingati di negara tetangga Ukraina, yaitu Belarus, yang ikut menderita akibat bencana Chernobyl.

Sumber : batan.go.id/

This entry was posted in Berita dan Informasi. Bookmark the permalink.

4 Responses to Pripayat Kota Hantu Di Ukraina

  1. Dymaz says:

    Wah, ini mah yg game kayak babi tuh COD 4, sniper lagi, diserang banyak musuh tapi kotanya sepi sekali yak ? dipeta ada ngga tuh kotanya ?. hueuehuheuhueue…. lu tinngal disana aja LEK….
    ckckckckck..

  2. diyka11 says:

    haha iya tepat sekali Dym,di COD 4 Bagian yang ada di kota Pripayat emang yang paling susah. Di serang pasukan musuh yang gak ada habis-habisnya. Tapi cerita yang di game COD 4 sama kisah nyata di kota Pripayat beda jauh dim. klo di dunia aslinya sih gak ada tuh yang ada terorist2 nguasain kota itu kayak di game COD4. hehe… lah di kota itu aja sampai sekarang masih berasa ada radiasi nuklirnya.

    Oiya buat teman-teman yang masih penasaran sama foto-foto mengenai berita tentang kota hantu Pripayat ini bisa langsung download foto-foto lebih lengkapnya di sini :
    http://www.kitaupload.com/download.php?file=767Chernobyl.rar

  3. ifan says:

    sori bos, itu “PRIPYAT” bukan pripayat.
    di COD4 SINGLEPLAYER, kita Sgt. Price dilatih samma Cpt. McMillan.
    tapi, hotel tempat kita sniping sama kincir angin checkpoint terakhir itu beneran ada ??

  4. Pascal-Ghazna says:

    Gambar no.1 Emang ada di Call of Duty 4: Modern Warfare.
    Susah banget maen di situ! Cuma ada kita dg Kapten McMillan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *